- TEMU Campus
- Course List
- 4.0 UI/UX Designer
4.0 UI/UX Designer
- CourseKampus MerdekaTechnical Skills + S.E.L.F. Skills
TEMU Campus Certificate
Tentang Program
- Deskripsi
User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan dua hal yang dibutuhkan dalam pengembangan produk, khususnya produk digital, seperti perangkat lunak atau aplikasi. UI fokus pada tampilan dari produk, sementara UX fokus pada pengalaman pengguna saat menggunakan produk. Keduanya dikembangkan dengan memikirkan kenyamanan dari pengguna produk (user), agar feature pada produk bekerja efektif dan efisien, menjadikan pengguna senang dan loyal menggunakan produk tersebut.
Materi UI/UX dibawakan dengan pendekatan Human-Centered Design, sebuah metode pendekatan pengembangan dan perancangan sebuah sistem yang fokus pada pengguna. Sehingga peserta kelas akan memiliki kemampuan untuk mencari insights, memperhatikan dan mengerti aspek-aspek yang menjadi kebutuhan, kebiasaan, dan masalah yang dirasakan user atau target market produk. Kemampuan ini menjadikan peserta mampu menciptakan produk yang efektif dan efisien, hingga menjadikan pengguna produk loyal.
- Waktu Pelatihan
4 Hari (15 Jam)
- Pola Belajar
Offline / Online
- Prasyarat
Training dirancang untuk semua: baik yang sudah berpengalaman dengan UI/UX sebelumnya, maupun yang belum.
Silabus
Target dan Capaian Pembelajaran
1. Peserta mampu memahami fondasi dari UX secara holistik
2. Peserta mampu memahami riset dan formulasi persona
3. Motivasi, goal, need, pain point dan attitude pengguna dalam konteks sebuah produk.
Proses Pembelajaran
1. Menjelaskan UX foundation secara holistik dan menjelaskan prinsip dan tahapan riset dan formulasi persona secara praktikal.
2. Menjelaskan contoh case persona
3. Peserta melakukan wawancara dan perumusan persona
Metode Pengujian
1. Menilai progres peserta melakukan riset dan menghasilkan sebuah persona.
2. Evaluasi individu dan kelompok
InstrukturIr. Bengris Pasaribu, M.M
Senior Faculty
Hanny Zora Agustina, S.T, M.M
Senior Faculty
Target dan Capaian Pembelajaran
1. Peserta mampu memiliki Mindset human centered design
2. Peserta mampu melakukan kolaborasi dalam menciptakan inovasi yang feasible
3. Peserta mampu Memahami proses design thinking secara praktikal
4. Peserta mampu melakukan design thinking dengan tim menggunakan tools kolaborasi secara online Miro.
Proses Pembelajaran
1. Menjelaskan tentang apa itu design thinking sebagai pendekatan human centered design
2. Menjelaskan mengenai tahapan explore merumuskan need statement dan tahap ideate
3. Menjelaskan tahapan to be vignette dalam merumuskan storytelling/storyboard
Metode Pengujian
1. Evaluasi progres peserta melakukan riset dan menghasilkan sebuah storyboard ide pada tools Miro.
2. Penyiapan soal evaluasi sebanyak 10 buah meliputi evaluasi teori dan praktek
InstrukturIr. Bengris Pasaribu, M.M
Senior Faculty
Hanny Zora Agustina, S.T, M.M
Senior Faculty
Target dan Capaian Pembelajaran
1. Peserta mampu memahami manfaat dari membuat prototype
2. Peserta mampu memahami jenis prototype
3. Peserta mampu memahami low fidelity prototype
4. Peserta mampu merancang low fidelity menggunakan tools Balsamic
Proses Pembelajaran
1. Menjelaskan jenis-jenis prototype
2. Menjelaskan apa itu low-fidelity beserta keuntungannya
3. Menjelaskan guideline membuat low fidelity design di tools balsamic
4. Case study di tools Balsamic
5. Praktik
Metode Pengujian
1. Evaluasi progress peserta dalam membuat prototype
2. Check list pembuatan prototype.
3. Penyiapan soal evaluasi sebanyak 10 buah meliputi evaluasi teori dan praktek.
InstrukturIr. Bengris Pasaribu, M.M
Senior Faculty
Hanny Zora Agustina, S.T, M.M
Senior Faculty
Target dan Capaian Pembelajaran
Peserta mampu untuk memahami prinsip layout pada konten social media
Proses Pembelajaran
1. Pemaparan Design reference & Identifying problem
2. Merancang konten sosial media menggunakan canva
Metode Pengujian
1. Evaluasi progress peserta dalam membuat prototype
2. Checklist: Prinsip-prinsip dasar Visual Design pada hasil perancangan konten sosial media yang dibuat
InstrukturRenny Marcendy
Faculty
Sri Maharani Budi
Faculty
Target dan Capaian Pembelajaran
Peserta mampu membuat High Fidelity dan prototyping sederhana menggunakan UID Tools (Figma) dengan menerapkan prinsip dasar visual design serta kaidah UX
Learning Details
1. Pemaparan Prinsip Visual Design & Prinsip UX mengenai User Interface
2. Mengidentifikasi masalah pada sebuah tampilan User Interface.
3. Collecting references User interface dan Pemaparan sekaligus Praktikum User Interface Design menggunakan Figma
Metode Pengujian
1. Evaluasi progress peserta dalam membuat prototype
2. Checklist: Prinsip-prinsip dasar Visual Design pada hasil high fidelity design yang dibuat oleh peserta
InstrukturRenny Marcendy
Faculty
Sri Maharani Budi
Faculty
Target dan Capaian Pembelajaran
Peserta mampu memahami bagaimana tahapan pelaksanaan pengujian terhadap desain yang telah dibuat sehingga bisa mendapatkan feedback dari pengguna untuk melakukan perbaikan desain.
Proses Pembelajaran
1. Menjelaskan mengenai prinsip usability testing, membuat perencanaan, melakukan rekrutasi, melakukan pengujian, mencatat feedback pengguna dan merancang visualisasi perbaikan desain.
2. Melakukan tahapan pengujian desain yang telah dibuat dan melakukan perbaikan desain dari masukan pengguna.
3. Final project kelompok.
Metode Pengujian
1. Evaluasi progres peserta melakukan pengujian terhadap desain
2. Check list: List materi perencanaan, photo pelaksanaan pengujian, hasil redesain pasca pengujian.
3. Penyiapan soal evaluasi sebanyak 10 buah meliputi teori dan praktek.
InstrukturIr. Bengris Pasaribu, M.M
Senior Faculty
Hanny Zora Agustina, S.T, M.M
Senior Faculty
Tim Pengajar
Materi UI/UX akan dibawakan oleh UI Expert dan UX Master International Certified dengan pengalaman di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia
Materi SELF Skill akan dibawakan oleh HR Expert dengan pengalaman HR Certified di perusahaan skala nasional dan multinasional.
Secara umum seluruh tim pengajar & mentor TEMU Campus memiliki latar belakang profesional di atas 5 tahun di berbagai bidang, seperti: IT, Professional HR, telecommunication, dll. Sebagai ahli SELF skills training di Indonesia, pelatih SELF skills TEMU Campus sendiri merupakan kumpulan dari Certified Career Coach, HR Expert, & Psikolog.
Prasyarat: Training dirancang untuk semua: baik yang sudah berpengalaman dengan UI/UX sebelumnya, maupun yang belum.