Produktivitas ala Metode Pilot Checklist
Thu, 27 October 2022


admin TEMU
Sebuah metode yang unik dari kawan-kawan pilot kita yang bisa dijadikan sebuah inspirasi untuk meningkatkan produktivitas. Apakah metode itu? Yuk intip bersama bagaimana Metode Pilot Checklists bisa membantu kita menjadi lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari dan belajar mitigasi risiko dalam keadaan darurat di pekerjaan.
Apa itu Pilot Checklists?
Pilot Checklists merupakan daftar yang berisikan standar operasional yang harus dipatuhi oleh seorang pilot dalam mengoperasikan sebuah pesawat, mulai dari tahap inspeksi, sebelum lepas landas, persiapan lepas landas, hingga pendaratan. Tidak hanya itu, pilot checklists juga menjelaskan dengan rinci langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang pilot dalam keadaan darurat.
Melakukan Pilot Checklists
Untuk melakukan pilot checklists, TemanTEMU dapat mengikuti beberapa langkah berikut, di antaranya:
Tahap 1 : Buat daftar prioritas

Belajar memulai hari dengan membuat sebuah daftar prioritas yang berisikan kurang lebih lima kegiatan yang paling penting untuk dijalani di hari itu. Urutkan dari yang paling penting dan genting, hingga yang paling santai.
Tapi, apabila hal yang harus dilakukan ada banyak, pastikan tidak membuat daftar yang berisi lebih dari 10 aktivitas dalam sehari.
Tahap 2: Hindari Multitasking
Jangan lakukan tugas berikutnya apabila yang sebelumnya belum selesai. Dan juga jangan melakukan dua tugas dalam waktu yang bersamaan, karena hal ini justru akan memperlambat kinerja, TemanTEMU.
Dan yang paling penting, buatlah daftar yang memang TemanTEMU ingin dan sanggup kerjakan.
Tahap 3: Belajar Visualisasikan atau Membuat Strategi

Dari sekian banyak tugas yang harus dikerjakan, coba TemanTEMU visualisasikan tindakan-tindakan yang perlu TemanTEMU lakukan untuk memenuhi masing-masing tugas, dan lakukan sesuai dengan apa yang sudah TemanTEMU visualisasikan. Atau, TemanTEMU juga bisa menuliskan strategi apa saja yang akan dilakukan untuk memenuhi tugas tersebut.
Tahap 4: Buat ‘Check Box’ yang Spesial
Semua bentuk daftar kegiatan pastinya akan memiliki kotak centang sebagai tanda kalau kegiatan tersebut sudah dilakukan. Namun, dalam kasus pilot checklists ini, TemanTEMU bisa buat ‘checkbox‘ yang spesial, seperti kata-kata yang akan TemanTEMU sorakkan ketika berhasil menyelesaikan tugas tersebut.
Contohnya, “I did it!” atau “Well done!”
Tahap 5: Berikan tenggat waktu
Yang terakhir, perlu untuk memberikan tenggat waktu untuk masing-masing tugas, agar kita bisa menjadi lebih fokus dalam mengerjakannya. Namun, jangan anggap hal ini sebagai bom waktu ya, TemanTEMU. Tenggat waktu bisa menjadi hal yang positif apabila kita mengaturnya dengan niat untuk membawa kita ke jalur kemenangan kita. Ada rasa bahagia tersendiri apabila kita bisa menyelesaikan seluruh tugas yang kita tulis dalam sehari.
Akhir kata, Pilot Checklists ini cukup berbeda dengan to-do-list pada umumnya, karena pilot checklists juga mengajarkan kita cara mitigasi dalam keadaan darurat, semisalnya kita mendapatkan kerjaan darurat yang mana prioritasnya sangat tinggi.
Jadi, bagaimana pendapat TemanTEMU tentang Pilot Checklists ini?
Sumber:
Captain Joe. (2022). How PILOT CHECKLISTS increase your PRODUCTIVITY?. TEDx Talks Youtube Channel. https://www.youtube.com/watch?v=iUD55KscxsA